Inilah 8 Kunci Sehat Orang Jepang, Patut Ditiru

By | 20 April 2021
allowed.

Kunci Sehat Orang Jepang – Tubuh sehat merupakan dambaan setiap manusia. Untuk tujuan itu semua manusia berusaha dengan cara apapun agar selalu sehat dan panjang umur. Mulai dari cara medis, hingga non medis semua ditempuh. Bahkan diantaranya dengan cara tak lazim.

8 Kunci Sehat Orang Jepang yang Patut Kita Tiru.

Sebenarnya ada cara sehat yang masih bisa ditiru untuk mendapatkan hasil yang sama. Seperti cara-cara yang dilakukan oleh orang Jepang yang membuat mereka selalu sehat dan berumur panjang. Berikut ini kunci sehat orang Jepang yang bisa Anda tiru.

1. Memakan Makanan dengan Pelan

Meskipun terdengar sederhana, makan dengan cara pelan ternyata baik untuk kesehatan. Di Jepang, hal itu sudah dipraktikkan sejak zaman edo. Terbukti secara ilmiah, makan dengan pelan akan menyebabkan orang tersebut benar-benar mengunyah sehingga sistem pencernaan jadi lebih baik.

2. Memilih Variasi Karbohidrat

Ratusan bahkan ribuan tahun lalu, orang Jepang telah membiasakan diri memilih variasi makanan yang mengandung karbohidrat. Di Indonesia, umumnya masih menggantungkan makanan dari nasi saja. Selain itu, masyarakat Jepang juga selektif menjaga karbohidrat yang masuk.

Baca Juga :  Hindari 5 Pantangan Ini Saat Sedang Haid

3. Mengolah Makanan dengan Sederhana

Sebagian besar orang Jepang memiliki cara sederhana mengolah semua jenis makanan. Hanya direbus, panggang atau tumis saja. Para ahli menyatakan bahwa memasak dengan cara seperti ini tidak akan melalui proses yang panjang sehingga kerusakan maupun radikal bebas sangat minimal terjadi.

4. Lebih Memilih Vegetarian

Coba perhatikan menu-menu makanan Jepang, hampir semuanya tak pernah meninggalkan sayuran. Sebagian besar menu diet orang Jepang adalah sayur. Tak heran, WHO menyatakan bahwa Jepang memiliki prosentase kesehatan yang terbaik di dunia pada tahun 1971.

5. Makan Dengan Mangkuk Kecil

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manusia cenderung tidak bisa mengukur apa yang mereka makan dan memakan apa yang tersedia. Dengan menggunakan mangkuk kecil, asupan makanan akan lebih terjaga.

6. Membiasakan Minum Teh Hijau

Teh hijau dikenal sebagai salah satu anti oksidan tinggi. Fungsinya mempercepat metabolisme tubuh sehingga nutrisi makanan dan kalori dapat terserap tubuh dengan cepat. Minum teh hijau juga mengurangi risiko sakit jantung, kanker dan osteoporosis. Orang Jepang biasa minum teh hijau termasuk saat ada upaca keagamaan.

7. Konsumsi Rumput Laut dan Ikan Laut

Telah masyhur diketahui bahwa dalam menu makanan Jepang yang terkenal, Sushi menambahkan rumput laut. Dan berbagai menu lainnya ada rumput laut. Rumput laut mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan. Selain itu ikan laut juga disukai orang Jepang. Tuna, salmon, dan makarel merupakan tiga jenis ikan yang paling banyak disukai masyarakat Jepang. Semuanya mengandung omega3 yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga :  5 Makanan Ini Wajib Dihindari Sebelum Pernikahan

8. Biasa Berjalan Kaki

Berjalan kaki setelah makan maupun dalam aktivitas lainnya lebih disenangi orang Jepang. Kebiasan seperti itu ampuh menurunkan kolesterol jahat , menurunkan tekanan darah, mencegah diabetes militus, mengembalikan mood dan berbagai manfaat lainnya bisa didapat. Di Jepang, sedari kecil anak-anak juga diajari berjalan kaki sebagai ketrampilan survival.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *